3 Cara Merawat Cat Helm Agar Tidak Cepat Luntur dan Kusam

3 Cara Merawat Cat
Helm Agar Tidak Cepat Luntur dan Kusam

02 December 2020

 

(credit: Photo by Nick Fewings on Unsplash)



Brads, pasti sudah tahu bahwa helm sangat berfungsi untuk melindungi kepala ketika berkendara. Namun, disisi lain helm juga mempengaruhi penampilan, lho. Biasanya, helm dengan pemakaian rutin akan mulai kusam dan tidak menarik lagi. Itulah kenapa Brads perlu mengetahui cara merawat helm agar penampilan Brads ketika touring tetap terlihat keren.

Tidak dipungkiri lagi, helm sering mengalami gesekan-gesekan yang tidak disengaja, sehingga menyebabkan goresan atau baret pada sisi-sisinya. Mau nggak mau Brads, sebagai pemilik, harus berhati-hati dan tetap merawatnya.

Helm adalah mahkota kepala. Kalau tidak tahu cara merawat helm, bisa-bisa pesona ketika berkendara menjadi berkurang.

 

Tipe-Tipe Helm



Jika dilihat dari jenisnya, setiap jenis helm memiliki cara perawatan yang berbeda. Namun, di asia, khususnya Indonesia, jenis helm yang umum digunakan adalah helm half face dan full face. Sedangkan untuk pengendara motor gede dan klasik, biasanya menggunakan helm cetok dan open face. Biar nggak kebingungan, yuk, simak perbedaan setiap helm ini, Brads!

 

1. Helm half face



Tentu saja Brads sudah tidak asing dengan tipe helm half face. Helm tipe ini adalah tipe paling standar dan biasa digunakan oleh pengendara motor. Harganya juga terjangkau. Selain paling sering digunakan, helm ini telah lulus uji, hingga layak digunakan untuk berkendara sehari-hari


2. Helm full face



Helm tipe full face kerap digunakan oleh pembalap profesional, loh, Brads. Namun, seringnya waktu, pabrikan helm ternama juga memproduksi helm full face yang dapat digunakan pengendara motor untuk keseharian. Biasanya helm ini digunakan ketika mengendarai motor sport.



3. Helm open face


Secara tampilan, helm tipe open face memang lebih cool dan cocok dipadukan dengan kacamata. Namun, helm ini butuh tambahan aksesoris lagi agar nyaman ketika berkendara, seperti bandana dan kacamata, karena helm tipe open face tidak memiliki kaca atau visor.


4. Helm Flip Up


Helm flip up seperti gabungan antara full face dan half face. Apabila Brads tipe penyuka helm full face, tetapi tidak ingin gerah, tipe flip up adalah solusinya. Helm ini sangat digemari oleh komunitas motor. Fiturnya yang flexibel dan ada kebanggaan tersendiri apabila memiliki helm ini.


5. Helm Cetok



Jika Brads pernah menonton film perang zaman dahulu, pasti sudah tidak asing dengan helm tipe ini. Bentuknya simpel, tetapi sangat tidak dianjurkan untuk digunakan saat berkendara jarak jauh. Alangkah baiknya, helm tipe cetok digunakan untuk jarak dekat dan koleksi saja.


6. Helm off road

Ukuran helm off road lebih besar dari helm biasanya. Namun, bagi pecinta olahraga downhill, helm off road adalah tipe yang paling cocok. Dari segi keamanan pun helm ini sudah sangat terjamin.

 

Tips merawat helm agar tidak kusam



Hingga saat ini, masih banyak, lho, Brads yang mengabaikan keamanan, kenyamanan dan kebersihan helm. Setelah mengetahui tipe-tipe helm, saatnya mengetahui beberapa tips merawat helm agar tidak kusam. Nah, berikut beberapa tips merawat helm. Simak, ya!


1. Simpan helm di tempat yang aman

Jangan sedih, ya, Brads, apabila melihat helm yang baru saja dibeli terkena goresan-goresan kecil di setiap sisinya. Hal ini sering terjadi, salah satu cara mengantisipasinya adalah dengan menyimpan helm di tempat yang aman. Sebagai pemilik, sudah seharusnya menjaga helm agar tidak rusak.


2. Hindari terkena sinar matahari

Selain menyebabkan gores, meletakkan helm sembarangan apalagi di parkiran yang tidak teduh dapat menyebabkan warna helm menjadi kusam. Apabila helm telah kusam, kepercayaan diri ketika berkendara jadi berkurang. Untuk itu, segera antisipasi hal ini, caranya dengan menyimpan helm di tempat yang tidak terkena paparan matahari, atau menggunakan kantong helm sebagai pelindung.


3. Perhatikan visor helm

Visor terletak pada bagian depan helm. Fungsinya melindungi mata dari debu. Selain itu, visor juga berfungsi melindungi mata dari paparan langsung cahaya matahari. Nah, visor ini sangat rentan rusak, loh,Brads.


Jika hal ini tidak ingin terjadi, Brads bisa menggunakan pelindung seperti stiker untuk menjaga visor dari gesekan penyebab gores. Apabila visor tetap mulus selama pemakaian, helm tidak akan terlihat kusam lagi.


Nah, bagaimana Brads? setelah mengetahui tipe dan cara merawat helm agar tidak kusam, Brads bisa lebih percaya diri ketika berkendara. Jalan-jalan keliling kota bersama teman, keluarga dan orang terkasih. Jangan lupa tetap menggunakan helm, ya, Brads!