Berikut Fakta dan Manfaat Stretching Sebelum Touring

Berikut Fakta dan Manfaat
Stretching Sebelum Touring

16 December 2020

 

Brads buat kita yang hobi motor, kegiatan touring selalu ditunggu-tunggu entah itu, solo touring atau bareng komunitas, pasti masuk bucket list tiap tahun. Umumnya, touring itu dilakukan dengan jarak jauh makanya bukan hanya motor, badan kalian juga harus siap sebelum jalan. Nah Brads sebelum berangkat, jangan lupakan manfaat stretching yang baik buat tubuh selama kalian touring nanti.


Kegiatan touring memang menyenangkan untuk dilakukan, riding jarak jauh bareng teman-teman komunitas itu juga memperkuat ikatan broterhood di antara kita. Selain jadi ajang mempererat solidaritas, touring motor itu juga bisa diselipkan kegiatan sosial untuk sekitar, Brads! Kalian bisa lakukan, bakti sosial, untuk membantu masyarakat di tempat tujuan atau sekitar rute touring yang kalian lalui.


Ternyata bukan cuma itu, touring juga bermanfaat buat kesehatan mental kita juga, lho. Menurut penelitian dari UCLA, Amerika Serikat, mengatakan kegiatan bermotor terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada peningkatan fokus serta perhatian dari rider dan juga penurunan kortisol sebagai hormon stress.

Asyik banget kan tuh, bukan hanya hati yang senang, pikiran pun jadi tenang. Tetapi sebelum touring kalian harus tahu dulu manfaat stretching biar di jalan nanti tetap enjoy dan fokus menikmati perjalanan.


Kondisi Tubuh Saat Melakukan Touring


Touring motor walaupun asyik juga menjadi tantangan untuk tubuh kita sendiri Brads. Tidak bisa dipungkiri kalau touring merupakan aktivitas fisik yang berat karena, di saat touring kita akan mengendarai sepeda motor untuk jarak yang jauh dan relatif membutuhkan waktu lama. Nah pada saat itu lah, kondisi tubuh kita diuji agar tetap fit dan fokus dalam mengendarai sepeda motor.


Karena biasanya dilakukan dalam waktu panjang, tubuh kita lama-lama akan merasa lelah, pegal bahkan keram saat touring. Keram saat touring bisa disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot Kalau sudah begitu resiko cedera akan makin besar.


Biasanya bagian tubuh seperti pergelangan tangan, siku, pundak, bokong dan punggung akan terasa pegal atau sakit saat touring. Brad sakit punggung saat touring bisa disebabkan karena bagian tersebut menjadi penopang tubuh kita saat riding. Sehingga ketegangan otot punggung akan meningkat seiring waktu dan membuat kelelahan.

Selain itu, tingkat fokus pun akan menurun karena kelelahan yang dialami. Maka dari itu, biasanya saat touring kita harus berhenti tiap dua hingga empat jam untuk mengistirahatkan badan yang pegal dan pikiran yang mulai melayang kemana-mana.


Selain beristirahat, kita juga harus melakukan peregangan atau stretching sebelum memulai atau melanjutkan kembali perjalanan. Nah manfaat stretching saat touring itu banyak Brads, selain meregangkan otot, juga meningkatkan aliran darah dalam tubuh.


Fakta dan Manfaat Seputar Manfaat Stretching Sebelum Touring


Sebelum memulai touring, kita harus melakukan peregangan dahulu Brad agar badan siap menempuh perjalanan panjang. Faktanya, manfaat stretching sebelum beraktivitas apalagi touring itu banyak, lho. Manfaat yang langsung terasa adalah badan menjadi lebih rileks dan tenang sebelum beraktivitas.


Menurut riset yang dirilis jurnal Sports Medicine, New Zealand, mengatakan kalau peregangan otot yang rutin sebelum beraktivitas dapat membuat persendian menjadi lebih lentur dan mudah bergerak. Efeknya tubuh kita akan lebih siap menghadapi gerakan-gerakan mendadak saat touring.


Nah, di saat touring kita pasti berpotensi melakukan manuver mendadak, saat bermanuver ini sendi kita akan melakukan tugasnya untuk mengarahkan tubuh dan motor menjauh dari obstacle. Kalau kelenturan sendi terjaga resiko cedera dari gerakan mendadak ini akan terminimalisir, selain itu juga respon reflek kita akan lebih cepat, Brad!

Manfaat stretching juga berguna untuk meningkatkan aliran darah ke otot, hal ini penting karena saat touring postur tubuh kita akan jarang berubah karena mengendarai sepeda motor. Biasanya saat sudah terlalu lama, kita mulai merasakan pegal di tubuh. Pegal ini akibat dari kurangnya aliran darah ke otot. Nah dengan stretching aliran darah ke otot akan meningkat dan bisa mengurangi pegal.


Bukan hanya sendi, tubuh juga akan lebih fleksibel karena peregangan yang dilakukan. Jadinya tegang otot akan berkurang, sedangkan stamina saat berkendara akan meningkat dan kita bisa menikmati perjalanan tanpa khawatir cepat lelah.


Jangan salah, bukan cuma tubuh yang merasakan manfaat stretching tapi juga mental kita. Dengan melakukan stretching tubuh kita akan lebih siap di perjalanan, akibatnya pikiran kita menjadi lebih tenang saat di perjalanan. Pikiran tenang adalah kunci, untuk fokus dan konsentrasi saat nanti touring.


Jadi Brads, sebelum memulai touring jangan sampai lupa lakukan peregangan tubuh. Karena, manfaat stretching sangat membantu kita saat di perjalanan nanti. Jangan lupa juga selalu safety riding dan pakai masker saat touring di masa pandemi kayak gini ya!