Cara Mencuci Motor Yang Benar Di Rumah Saja

Cara Mencuci Motor Yang
Benar Di Rumah Saja

29 January 2021

 

Brads gak berbeda dengan kita, sepeda motor yang jadi teman berkegiatan sehari-hari juga perlu mandi. kotoran dan debu yang hinggap akan menebal dan menyebabkan motor menjadi kusam. Karena itu, sudah jadi hal wajib buat kita untuk mencuci motor, apalagi dengan tangan sendiri. Brads sudah tahu belum cara mencuci motor yang benar? Biar hasilnya bersih maksimal dan gak kalah sama tempat cuci motor.


Mencuci motor sendiri apalagi di masa pandemi ini jadi pilihan yang tepat buat kita Brads. Selain menghemat uang, kita juga terhindar dari resiko terpapar virus Covid-19. Bukan Cuma itu, kita juga bisa lebih mengenali kuda besi kesayangan. Bagian mana yang paling sering kotor, terus juga bisa tahu kondisi fisik motor kita.

Kelebihan Mencuci Motor Sendiri, Terutama Dari Segi Ekonomis Dan Efisiensi


Cara merawat sepeda motor bukan hanya dengan melakukan servis rutin Brads. Kegiatan mencuci juga menjadi salah satu langkah untuk merawat sepeda motor. Apalagi kalau kita sendiri yang mengerjakannya, hasilnya pasti jadi lebih bersih karena kita mengerjakannya sepenuh hati.

Cara mencuci motor yang benar itu memang gampang-gampang susah Brads kalau dilakukan sendiri. Tetapi walaupun begitu, tetap ada keuntungannya kok buat kita sendiri. Pastinya yang langsung terasa dari segi keuangan. Mencuci motor sendiri jatuhnya pasti tetap lebih hemat daripada dibawa ke jasa cuci motor. Apalagi kalau jadwal mencuci motor biasanya seminggu sekali di akhir pekan.


Lagi pula mencuci motor sendiri gak butuh alat yang rumit kok Brads. Hanya perlu selang, spons, lap microfiber, sikat gigi bekas dan sabun khusus cuci motor. Ingat ya Brads sabunnya yang khusus untuk mencuci motor biar gak membuat cat dan bodi menjadi kusam karena gak sesuai spesifikasi.

Selain lebih bersahabat dengan dompet, mencuci motor sendiri juga bisa mencegah kerusakan di tengah jalan Brads. Soalnya dengan melakukan pencucian sendiri kita pasti akan bersentuhan langsung dengan bagian-bagian yang jarang diperhatikan.


Misalnya kondisi rantai, bodi motor bagian bawah, hingga baut-baut yang mulai kendur. Terus juga bisa mengidentifikasi apakah ada kebocoran atau rembesan dari cairan mesin. Misalnya bensin, oli mesin, air radiator bahkan oli CVT Brads.

Jadinya resiko mogok di jalan bisa dikurangi karena kita bisa identifikasi lebih dulu permasalahan yang ada di kuda besi kita.


Cara Yang Tepat Dan Perlu Diperhatikan Saat Mencuci


Bagi Brads yang belum terbiasa, cara mencuci motor yang benar memang jadi tantangan tersendiri. Takut malah hasilnya nanti jadi kurang bersih, padahal sudah capek-capek mencuci motor. Kalau begitu sebelum mencuci mendingan Brads simak dulu cara tepat untuk mencuci motor.


1. Bilas saat Mesin Dingin

Sebelum memulai prosesi mencuci, Brads wajib menyiram motor dengan air mengalir saat mesin dingin. Selain lebih aman dan nyaman saat kita sentuh, membilas saat dingin juga bisa menghindari resiko kerusakan mesin karena terjadi perubahan suhu yang mendadak.

 

Membilas menggunakan air berfungsi agar kotoran dan debu yang menempel sudah dibasahi lebih dulu agar, cepat bersih saat nanti ketemu sabun. Jangan sampai ada spot yang tertinggal agar tidak ada spotting di bodi motor.


2. Mulai Menggosok dari Atas

Ketika motor sudah dibilas, Brads bisa memulai menggosok motor dari bagian atas lebih dulu. Jadinya semua kotoran tersapu bersih oleh air dan sabun. Jangan lupa Brads harus membedakan alat gosok di bagian body, mesin dan kaki-kaki. Gunakan spons atau microfiber untuk bagian body, lalu sikat untuk kaki-kaki motor.

 

Kalau dirasa tidak ada bagian yang terlewat, Brads bisa membilas lagi sabun dengan air mengalir. Pastikan tidak ada bagian yang tertinggal ketika membilas. Setelah itu keringkan dengan lap microfiber dan jangan dijemur di bawah matahari. Nanti bisa muncul sisa bekas air.


3. Poles Motor

Ketika motor sudah kering, saat Brads poles menggunakan wax. Selain tampilan menjadi lebih kinclong dan klimis, cat dan bodi motor juga jadi lebih terlindungi dari kotoran dan cuaca yang menghadang di jalan.


4. Lumasi Kembali Motor

Kombinasi air dan sabun pasti juga akan membersihkan bagian-bagian motor dari unsur minyak dan pelumas. Nah karena itu, Brads gak boleh lupa untuk melumasi bagian seperti rantai motor, standar dan tuas rem agar tetap bekerja optimal.


Fokus Pada Bagian Yang Sulit Terjangkau Namun Penting Untuk Dibersihkan


Bagian-bagian yang nyempil memang sering bikin malas Brads, soalnya susah dijangkau tangan. Tapi jangan sampai dibiarkan juga nanti malah jadi masalah di kemudian hari. Terlebih kalau itu parts yang vital di sepeda motor kita.


Parts seperti radiator memang sulit dijangkau, karena bentuknya yang tipis dan ringkih kita jadi malas buat membersihkannya. Tetapi kalau tidak dibersihkan bisa mengganggu

performa pendinginan mesin, sebabnya adalah udara yang harusnya bisa melewati kisi-kisi radiator tidak bisa masuk karena terhalang kotoran.

Selain radiator, gear rantai dan cover CVT juga harus dibersihkan biar kotoran tidak menumpuk. Kalau sudah menumpuk bisa mempengaruhi kinerja dari bagian tersebut. Jadi begitu Brads cara mencuci motor yang benar secara sendiri. Hasilnya pasti tetap bersih maksimal kok, kalau caranya sesuai. Terus juga tidak terburu-buru sehingga kita bisa memeriksa keadaan motor.