Gunakan Kain Lap Microfiber Agar Motor Mengkilap

Gunakan Kain Lap Microfiber
Agar Motor Mengkilap

20 January 2021

 

Brads pernah menyadari gak sih kalau memilih kain lap untuk motor ternyata susah-susah gampang? Ternyata untuk menjaga body motor tetap kinclong dan mengkilap itu tidak boleh memilih sembarangan. Salah memilih kain lap dapat menyebabkan body motor Brads malah lecet dan tidak lagi kinclong.

Salah satu kain lap yang sering digunakan adalah kain lap microfiber. Tapi, sebenarnya apa sih kain tersebut? Dan seperti apa sih bentuknya? Yuk, kita cari tau bersama, Brads!


Kain Lap Microfiber untuk Kebersihan Motor

 

Kain lap yang berbahan dasar microfiber yang seperti namanya ini ternyata memiliki serat- serat yang sangat halus dan memiliki kualitas yang superior lho brads! Nah, faktanya semakin halus sebuah kain, maka akan semakin efektif sebagai bahan dasar kain pembersih.

Serat-serat halus pada kain berbahan ini ternyata mampu untuk menghilangkan noda yang membandel. Selain itu, serat-seratnya yang bergelombang juga mampu untuk menyerap tujuh kali dari berat air. Ketika digunakan untuk melakukan pencucian motor, serat-serat pada kain ini akan menciptakan sebuah efek serap yang sangat tinggi atau biasa disebut dengan capillary effect.


Tidak hanya dapat menyerap air dengan jumlah lebih banyak, serat-serat pada kain ini juga dapat mengunci kotoran atau debu, lho, Brads! Dikarenakan serat microfiber dapat menciptakan listrik statis, sehingga ketika digosokkan ke permukaan body motor, semua kotoran dan debu akan mudah terangkat dan terkunci pada serat-serat kain ini.

Namun, karena kain ini memiliki serat dengan kualitas terbaik, maka Brads juga harus tau bagaimana cara untuk merawat kain ini, lho! Tentunya Brads gak mau dong kalau kain lap yang dapat menjaga kekinclongan motor Brads malah berakhir rusak dan tidak dapat digunakan.


Cara Merawat Kain Lap Microfiber


Ada beberapa hal yang harus Brads perhatikan jika memiliki kain lap ini, tidak hanya bagaimana cara merawatnya, namun Brads juga harus tau kapan waktu untuk mengganti kain lap ini dengan kain lap baru. Salah satu tanda jika kain lap Brads sudah waktunya diganti adalah ketika kain lap ini telah mengeras. Ketika kain lap microfiber telah mengeras, kain tersebut tidak lagi efektif dalam mengangkat noda dan debu.


Namun, jika kain lap tersebut belum mengeras atau masih lembut seperti baru, Brads harus tau bagaimana cara merawatnya, lho! Nah, berikut tips-tips untuk merawat kain lap tersebut agar tidak cepat rusak:


1. Cuci Setelah Digunakan

Setelah Brads menggunakan kain lap tersebut untuk mengelap motor, Brads harus segera mencucinya, lho! Kotoran yang menumpuk pada kain tersebut akan menghasilkan goresan jika langsung digunakan untuk membersihkan body motor Brads. Rendam kain lap dengan air hangat selama satu jam.

Ingat, lho, direndam dengan air hangat ya jangan air panas atau air yang baru mendidih, Brads! Karena kain ini berbahan dasar sintetis, jika direndam pada air panas atau baru mendidih akan membuat serat-serat pada kain ini meleleh. Niatnya ingin berhemat agar tidak boros kain lap, malah jadi boros karena harus mengganti kain lap!

Selain itu, jika Brads baru membeli kain lap microfiber, ada baiknya untuk merendam kain ini terlebih dahulu sebelum memakainya.


2. Jangan Gunakan Deterjen atau Bahan Kimia Lainnya

Karena kain ini tergolong mudah dibersihkan, maka Brads jangan pernah menggunakan deterjen atau pembersih dengan bahan kimia lainnya. Bahan kimia pada deterjen hanya akan merusak kondisi kain lap ini, lho!


3. Cuci Secara Terpisah

Tidak hanya dengan merendam dan tidak menggunakan pembersih bahan kimia, Brads juga harus mencucinya secara terpisah dengan kain-kain lainnya, lho! Hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci kain ini agar tidak rusak.

Dikarenakan kain ini mudah menyerap kotoran debu, jika dicuci dengan kain-kain lainnya yang ada kain lap ini akan menyerap kotoran-kotoran dari kain lap lainnya.


4. Keringkan Segera

Setelah mencuci kain lap tersebut, segera keringkan dengan menjemurnya di tempat yang teduh. Jangan keringkan cairan ini di bawah matahari langsung karena akan membuat kain ini menjadi lebih cepat mengeras. Selain itu, jangan pula menggunakan mesin pengering atau hairdryer untuk mengeringkan kain lap ini karena akan akan melelehkan serat-serat pada kain tersebut.


Nah, mudah bukan merawat kain lap microfiber? Kini Brads tidak perlu khawatir memilih kain yang tepat untuk membersihkan motor Brads! Brads hanya perlu menggunakan kain ini dan merawatnya dengan benar agar motor Brads kinclong selalu!