Inilah Caranya Agar Acara Kopdar tetap Aman Saat Pandemi

Inilah Caranya Agar Acara
Kopdar tetap Aman Saat Pandemi

16 December 2020

 

Brads, acara kopdar itu memang susah buat dilewatkan rasa pengen ngobrol, terus tukeran nomor bengkel sambil bahas agenda touring akhir tahun, pasti asyik banget. Siapa tahu juga teman kalian ada yang mau lepas velg yang jadi incaran dari dulu. Tetapi di masa pandemi kayak gini, kita harus tetap jaga jarak dan ikuti protokol kesehatan Brads! Jangan sampai kebablasan.


Kopi darat yang umumnya rutin di weekend setiap minggu itu berat banget buat di-skip, biasanya setelah atau sebelum kumpul sama anak-anak pasti riding bareng keliling kota jadi hal yang wajib dilakukan. Setelah riding enaknya menikmati kuliner sekitar titik kumpul sambil ngobrol ngalor-ngidul. Gak jarang juga kita ngetes motor teman yang habis di modifikasi atau tambah aksesoris. Begitu beres langsung pengen punya juga, deh.

Tapi ingat Brads, jangan terlalu asyik sampai lupa sama protokol kesehatan saat acara kopdar. Kita kan ingin kongkow dengan aman tanpa bawa ‘oleh-oleh’ ke rumah.


Kopdar Sebagai Media Silaturahmi Bagi Komunitas


Buat komunitas motor acara kopdar sudah jadi salah satu agenda wajib yang harus dilakukan. Bahkan, biasanya syarat pertama buat ikut komunitas adalah datang ke acara kopdar untuk kenalan langsung sama anak-anak. Tujuannya agar member saling mengenal dan silaturahmi tetap terjaga sehingga solidaritas antar anggota terbangun.


Brads kopi darat yang bisa kita datengin itu bisa dibilang bermacam-macam skalanya. Ada yang buat chapter kota, provinsi, nasional bahkan sampai internasional juga, lho. Bisa juga antar tipe motor di bawah satu pabrikan, atau antar pabrikan. Kalian tinggal pilih mau ikut yang mana, gak rugi juga kok bisa nambah kenalan dan koneksi sekalian.

Biasanya acara kopdar nasional itu digelar dalam tempo tahunan, bisa satu tahun sekali. dua tahun sekali atau lebih. Contohnya nih, kayak Jambore Nasional RX King tahun 2017 yang digelar di Kutai Kartanegara, Kaltim, tercatat peserta yang datang itu ada 2.500 orang dari 285 klub! Wah kebayang gak tuh Brad ketemu sesama penggemar ‘raja jalanan’ dari seluruh Indonesia, rame banget yang pasti.


Jadi, Brads acara kopdar itu bukan hanya mempererat silaturahmi antar anggota di dalam komunitas, tapi bisa juga di tingkatan antar komunitas. Yang pasti, teman kita makin banyak, dan sumber info soal bengkel spesialis, montir veteran, troubleshooting motor sampai spare parts orisinil dan aftermarket gak akan ada habisnya.


Cara Aman Kopdar Saat Pandemi




Saat ingin datang acara kopdar di masa pandemi begini kita tetap harus hati-hati Brads, jangan sampai tertular Covid-19. Nah, kalian bisa ikuti tata cara kopi darat yang aman saat ngumpul bareng anak-anak nanti.


Jujur itu penting Brads! Jangan sampai memaksakan diri datang ke acara kopdar saat tubuh sedang tidak sehat. Kalau lagi sakit biasanya kekebalan tubuh kita juga sedang turun, makanya lebih baik diam di rumah daripada beresiko kalau ke luar rumah. Selain itu juga, bila kita bed rest di rumah proses penyembuhan jadi gak terganggu, sehingga bisa lebih cepat buat ikut kopdar berikutnya.


Berikutnya kita harus selalu pakai masker dan menjaga jarak satu sama lain. Jangan sampai waktu lagi asyik-asyik ngobrol malah kena denda karena gak mengikuti protokol kesehatan Brad. Gak boleh lupa juga bawa hand sanitizer dan cuci tangan pakai sabun.


Terakhir, begitu selesai ikut acara kopdar langsung lepas pakaian yang melekat di tubuh dan simpan terpisah dari cucian lainnya. Habis itu, langsung mandi dan segera cuci atau sterilkan safety gear yang habis kita pakai. Misalnya, semprot helm dengan sanitizer terus cuci jaket, sepatu dan sarung tangan.


Jadi begitu Brads, biar acara kopdar di saat pandemi bisa tetap berlangsung. Jangan lupa ikuti protokol kesehatan dan minum vitamin serta olahraga biar sistem imun kita lebih terjaga.

suggested article