Mengenang Triumph ‘King of Cool’ Bonneville

Mengenang Triumph ‘King of
Cool’ Bonneville

11 December 2020

 

Terrence Stephen McQueen atau Steve McQueen (24 Maret 1930 – 7 November 1980) adalah seorang aktor yang juga dikenal sebagai pecinta motor. Tak hanya dikenal lewat film-film yang dibintanginya (The Cincinnati Kid, Love With the Proper Stranger, The Thomas Crown Affair, Bullitt, The Getaway, Papillon, The Magnificent Seven, The Great Escape, The Towering Inferno, dan lain-lain), pria kelahiran Indiana, Amerika Serikat yang populer dengan sebutan “King of Cool” ini juga dikenal sebagai pecinta dan pembalap motor.


Untuk menghormati dedikasi dan passion McQueen di dunia motor, Triumph Motorcycles memutuskan memproduksi secara terbatas Triumph Bonneville T100 Steve McQueen Limited Edition tahun 2012 lalu.


Triumph Bonneville T100 dipilih oleh pabrikan asal Inggris ini karena pada film The Great Escape (1963) yang dibintangi McQueen, ada adegan Captain Virgil Hilts (peran yang dimainkannya) melarikan diri dari kejaran tentara Jerman, dengan menggunakan Triumph TR6. Kebetulan, dari 100 lebih motor yang dimilikinya, satu di antaranya adalah Triumph TR6R 1962 ini.



Jadi wajar jika pihak Triumph Motorcycles kemudian menemui Chadwick Steven McQueen atau Chad, putra McQueen yang juga adalah aktor film (Karate Kid & Karate Kid II), untuk meminta izin memakai nama Steve McQueen dalam edisi terbatas Triumph Bonneville T100 2012, yang hanya diproduksi 1.100 unit ini.


Secara tampilan, Triumph Bonneville T100 Steve McQueen Limited Edition 2012 ini didesain semirip mungkin Triumph TR6 pada film The Great Escape tersebut. Tampak T100 ini lebih mirip kendaraan perang, dengan segala aksesori military style dan warna catnya (matte khaki green), ketimbang motor retro cruiser sebagaimana desain aslinya.


Perhatikan solo seat dengan cargo rack di belakangnya, skid plate atau pelindung mesin kecil, headlamp