Modifikasi Setang Motor Custom Dari A Sampai Z

Modifikasi Setang Motor Custom
Dari A Sampai Z

02 December 2020

 

Ada banyak ragam handlebar untuk chopper dan bobber. Secara umum, orang mengenal ape-hangers dengan  tampilannya yang menjulang tinggi, sehingga mengharuskan tangan pengendara naik ke atas untuk meraihnya (mirip monyet menggantung seperti namanya). Meski riding position tampak gagah, tapi setang model ini lebih cocok untuk rider dengan postur tubuh tinggi.

 

Berbagai alasan inilah yang membutuhkan modifikasi motor chopper agar sesuai dengan karakter pemiliknya.

Nah, bagi rider yang ingin setang dengan gaya seperti ape hangers, tapi tidak terlalu tinggi, buckhorn handlebars bisa jadi alternatif. Riding position makin nyaman karena setang ini sedikit melengkung hingga menyerupai tanduk rusa jantan.




Buckhorn handlebars ini kadang disebut juga dengan istilah mini ape hanger atau baby ape hanger. Tapi sebenarnya beda. Ujung buckhorn handlebars lebih menekuk ke belakang mengarah ke rider, dan agak turun. Contoh paling gampang adalah Hellbike pada film Ghost Rider. Sementara mini ape hanger lebih horizontal.


Kemudian ada juga cruiser handlebars dengan bentuknya yang panjang dan menekuk ke belakang sehingga pengendara bisa duduk nyaman dengan tegak, sehingga tidak mudah pegal untuk perjalanan jauh, sesuai peruntukan motor untuk cruising atau turing.

Hampir mirip dengan cruiser handlebars, orang juga mengenal beach bars yang sama-sama menekuk ke belakang sehingga rider bisa nyaman berkendara. Jika cruiser handlebars modelnya serupa dengan yang menempel pada motor-motor cruiser pabrikan, maka beach bars ini lebih mirip setang beach bike.


Drag bars sesuai namanya yang diambil dari drag racing, setang model ini bentuknya melintang hampir lurus sehingga pengendara menunduk ke depan untuk memunculkan riding position yang aerodinamis layaknya pembalap drag race.




Hampir mirip dengan drag bar, kita juga mengenal T-bar. Sesuai namanya, setang ini mirip huruf T. Kenapa demikian, karena T-bar hampir mirip dengan drag bar. Hanya saja didesain sedemikian rupa dengan penambahan riser handlebars atau peninggi setang, yang bertujuan supaya riding position pengendara lebih tegak (santai), dan tidak menunduk ke depan.






Sama juga dengan Z-bar. Hanya saja untuk membuat posisi setang agak tinggi, dibuatlah tekukan tajam

ke atas mirip huruf Z.

Selain bicara setang di motor chopper atau bobber, kita juga mengenal setang clip-on yang jamak dipakai untuk motor sport. Dinamakan setang clip-on atau setang jepit, karena handlebars model terpisah (2-piece) ini langsung menjepit tabung fork depan. Posisinya bisa di bawah atau di atas triple tree.




Sementara itu, kita juga mengenal Clubman bars yang jamak dipakai motor café racer. Beda dengan setang clip-on yang terpisah (2-piece), clubman bars ini bentuknya mirip setang utuh yang terpasang terbalik ke bawah dan dijepit triple tree. Kenapa demikian, karena juga bertujuan menciptakan riding position  menunduk ke bawah.




Clubman bars populer di kalangan penyuka British café racer, dan kadang disebut juga Thruxton bars atau Thruxton drops, Nama Thruxton diambil dari nama sirkuit balap. Juga kadang disebut dengan Ace bars sesuai nama kafe terkenal yang menjadi bagian dari sejarah café racer, yakni Ace Cafe yang ada di London.




Terakhir kita mengenal Motocross bars yang banyak dipakai untuk motocross, off-road, scrambler, atau motor dual-sport. Umumnya, setang model ini memiliki desain yang lebih lebar yang dilengkapi batangan tubular di bagian tengah sebagai penguat agar tidak patah saat dipakai melibas medan off-road.