Pilihan Jenis Velg Motor yang Sesuai Buatmu

Pilihan Jenis Velg Motor
yang Sesuai Buatmu

01 February 2021

 

Ganti velg di motor itu jadi tugas yang sering bikin dilema dan bingung pasti Brads. Soalnya model velg yang beragam jadi pertimbangan cocok atau enggaknya di motor nanti. Apa nanti modelnya masuk? kira-kira cocok gak yah pas udah dipasang?. Belum lagi, kalau mau dipasang di motor custom, pasti proses mikirnya lebih panjang lagi.


Karena itu biasanya proses memilih velg jadi sesuatu yang sering menyita waktu dan pikiran. Selain mempertimbangkan budget, kecocokan velg sama tunggangan juga jadi persoalan. Soalnya pemilihan velg yang pas bisa mendongkrak tampang motor kita jadi lebih ganteng, atau malah anjlok kalau modelnya gak cocok.


Selain dari sisi estetika, velg juga menjadi salah satu unsur penentu safety dari sepeda motor kita Brads. Masing-masing jenis velg memiliki tingkat kekuatannya tersendiri selain dari model hal itu juga dipengaruhi oleh dimensi velg dan bobot kendaraan. Jadi selain tampang yang jadi taruhan keamanan kita juga.

Pentingnya Peran Velg pada Motor

Sektor kaki-kaki pada sepeda motor memang gak bisa lepas dari jenis velg motor yang terpasang Brads. Velg menjadi piranti penting karena berperan sebagai penghubung antara motor dengan jalan. Nah karena itu, jenis, ukuran dan kekuatan velg akan berpengaruh banyak dalam handling sepeda motor.


Contohnya saja seperti perbedaan ukuran velg antara depan dan belakang di sepeda motor. Hal ini bukan hanya untuk estetika belaka ternyata Brads! Tetapi juga ada alasan keselamatan di balik perbedaan ukuran tersebut.

Ukuran velg depan yang biasanya lebih kecil satu atau dua inci dari velg belakang berguna untuk memaksimalkan traksi saat mengerem. Juga, untuk memudahkan bermanuver ketika di jalan. Nah untuk velg belakang yang lebih besar lebih difungsikan sebagai penyeimbang saat bermanuver dan menahan bobot kendaraan serta penumpangnya.


Tetapi selain itu, velg juga menjadi salah satu bagian yang paling mencolok secara visual kalau dilakukan ubahan Brads. Jadinya saat sudah mengganti tampang motor akan berubah banyak, maka dari itu pemilihan model yang tepat jadi wajib biar motor kita gak kelihatan salah gaul.


Pemilihan Jenis Velg Jari-jari atau Racing


Salah satu cara mendongkrak kegantengan motor lewat mengganti velg Brads. Nah tetapi pemilihan jenis velg motor yang baru harus dipikirkan matang-matang agar hasilnya tetap maksimal. Kalau salah pilih tipe atau model dan gak masuk malah jadi bumerang buat kita sendiri.

Di pasaran sendiri jenis velg motor  itu terbagi jadi dua jenis Brads yaitu, velg cast wheel atau sering kita kenal dengan pelek racing. Serta, velg spoke wheel atau jari-jari. Ketika keluar dari pabrikan, velg bawaan pasti di antara dua jenis itu. Biasanya tergantung dengan model motor yang dibeli. Sebelum diganti yuk simak dulu karakter dari masing-masing velg.


Tiap jenis velg punya model serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal dipilih yang sesuai dengan selera kita. Dari segi desain dan estetikanya tentu pemenangnya adalah dari velg racing. Model dari pelek racing lebih beragam Brads serta bisa mengakomodir berbagai gaya yang ingin diterapkan di motor.

Kalau velg jari-jari walaupun terkesan monoton, memiliki kelebihannya tersendiri dari segi desain. Velg jari-jari bisa kalian kustomisasi sendiri sesuai selera. Biasanya ketika membeli Brads bisa mencari yang sudah jadi atau membangun sendiri dari awal. Dengan memilih model lingkar velg, lalu jenis jeruji yang ingin dipasang hingga model tromolnya. Walaupun lebih rumit, Brads punya kebebasan untuk berkreasi.


Dari sisi durabilitas pelek jari-jari menjadi pemenangnya karena dikonstruksikan untuk lebih fleksibel serta persebaran bebannya merata di tiap permukaan. Tetapi, kalau dari perakitan ada kesalahan atau parts yang tidak memenuhi spesifikasi, spoke wheel juga bisa mengalami bengkok atau pecah tromolnya. Terus juga perlu modifikasi lagi pada pelek jari-jari bila ingin menggunakan ban tubeless.


Handling motor saat kecepatan tinggi lebih stabil kalau menggunakan velg racing. Sebabnya, karena konstruksi velg racing didesain untuk lebih kaku yang berdampak pada handling yang lebih rigid dan tajam. Kalau dipadukan dengan jenis ban yang tepat, velg racing lebih maksimal juga untuk dipakai cornering Brads.

Terakhir dari segi harga velg jari-jari relatif lebih terjangkau dibanding cast wheel. Hal tersebut karena proses manufaktur pelek jari-jari lebih sederhana dan murah dibanding yang racing. Walaupun lebih mahal, pelek racing tetap sebanding dengan kualitas yang dimiliki, serta lebih maintenance free.


Beberapa Cara Merawat Velg


Ketika sudah menentukan jenis velg sepeda motor yang baru Brads wajib tahu nih cara merawatnya. Meski barang baru, kita wajib tahu cara merawatnya agar velg motor tetap awet dan aura kegantengannya keluar. Perawatannya gak sulit kok bisa dilakukan sendiri.


1. Menjaga Kebersihan Velg

Kebersihan velg wajib jadi perhatian Brads, selain untuk sisi estetika velg yang kotor juga berpotensi memunculkan karat. Ketika mencuci motor Brads wajib menggosok semua bagian velg agar tidak ada kotoran yang tersisa. Setelah dibilas juga wajib untuk dikeringkan semua bagiannya.

 

Khusus velg jari-jari Brads memang wajib punya kesabaran ekstra dikarenakan jeruji yang banyak serta sempit. Serta jangan terlalu keras menekan ketika membersihkan karena jari-jarinya bisa bengkok. Kalau bengkok velg jadi tidak seimbang menahan beban.


2. Perhatikan Tekanan pada Ban

Tekanan ban juga harus terus dipantau di angka yang optimalnya. Karena kalau ban terlalu kempes resiko velg berbenturan dengan lubang akan makin besar karena udara di ban kurang bisa meredam benturan.

 

3. Hindari Lubang

Lubang memang jadi musuh terbesar kita di jalanan Brads. Benturan dengan lubang apalagi di kecepatan tinggi bisa membuat velg jadi penyok. Tentu akan keluar uang lagi untuk di press agar kembali presisi.

 

Tetapi sebelum bermanuver untuk menghindar pastikan kita melihat keadaan sekitar. Kalau sekiranya banyak kendaraan lebih baik kita memelankan laju motor dan melewati lubang dengan kecepatan rendah. Manuver mendadak di jalan bisa membahayakan kita dan orang lain Brads.

 

4. Jangan Asal Ketika Membuka Ban

Ketika ingin membuka ban dan velg, Brads wajib hati-hati jangan sampai ada goresan atau perubahan bentuk pada bibir velg. Kalau membuka dengan cara manual, Brads wajib melapisi alatnya dengan kain agar tidak kontak langsung dengan bibir velg.


Jenis velg motor beserta modelnya yang beragam di pasaran memang kadang bikin kita bingung Brads. Tapi setelah simak karakteristik masing-masing pelek, Brads jadi makin pasti kan mau pasang pelek apa di motor kesayangan.