detail spesifikasi ktm duke 390

Spesifikasi KTM Duke 390 Siap Gebuk Lawan-Lawannya

Spesifikasi KTM Duke 390
Siap Gebuk Lawan-Lawannya

01 December 2020

 

Sebagai langkah pengembangan market ke segmen lain selain motor sport, PT Penta Jaya Laju Motor sebagai distributor resmi sepeda motor merek KTM asal Austria, baru saja merilis KTM 390 Adventure di Indonesia (26/9/2020).


“Mengusung basis mesin yang sama dengan KTM Duke 390, KTM 390 Adventure ini menyasar segmen market adventure di Indonesia yang sangat potential, diihat dari kondisi alam yang sangat variatif. Tentu dibutuhkan motor dual purpose, seperti 390 Adventure ini,” buka ungkap Akhmad Zafitra Dalie, Sales and Marketing Head PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM).


Dengan hadirnya KTM 390 Adventure ini di segmen menengah adventure (70% aspal dan 30% tanah atau gravel) dengan kapasitas mesin di atas 300 cc, maka di pasaran Indonesia, 390 Adventure akan bersaing dengan motor adventure Royal Enfield Himalaya, atau BMW 310 GS yang sudah muncul lebih dulu.




“Tapi kami sangat optimis karena pricing KTM 390 Adventure ini masih di bawah kompetitor sekelasnya, dengan kelebihan fitur-fitur lebih lengkap dari pesaingnya,” lanjut Dalie.

Sebagai info, KTM 390 Adventure dibuat dengan menganut DNA motor KTM yang ikut di kejuaraan dunia Rally Dakar. Mesin yang digunakan sama seperti Duke 390 dan RC 390. Kapasitas bersihnya 373 cc, 4-tak, 1 silinder berpendingin cairan, dan sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 43 dk/9.000 rpm dan torsi 37 Nm/7.500 rpm.


Dengan transmisi 6-percepatan, motor ini sudah dilengkapi teknologi PASC anti-hopping clutch yang dioperasikan secara manual, sehingga, engine brake saat menurunkan gigi secara tiba-tiba bisa berlangsung lebih halus.


Transmisi manual 6 percepatan ini juga dibekali teknologi quick shift up and down sehingga memungkinkan perpindahan gigi dilakukan tanpa harus mengoperasikan tuas kopling yang membuat perpindahan gigi berlangsung singkat, tanpa adanya gejala power loss yang berarti.


Selain slipper clutch, fitur lain yang menjadi nilai jualnya, ada Motorcycle Traction Control (MTC) dan Cornering ABS System, yang mana keduanya merupakan fitur keselamatan berkendara karena berfungsi menjaga traksi roda dan kinerja rem tetap maksimal.


Suspensi depan pakai tipe upside down dari WP Suspension, dengan diameter 43 mm. Kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda. Untuk kompresi redaman dipasang di sisi kiri, sementara rebound di sebelah kanan.