Tampil Menawan Pakai Tutup Pentil Motor Custom

Tampil Menawan Pakai Tutup
Pentil Motor Custom

07 December 2020

 

Meski bentuknya kecil dan tak terlihat, namun ternyata valve cap atau lebih familiar disebut tutup pentil custom sangat diminati. Itu terlihat dengan semakin beragamnya desain dan bentuk tutup pentil motor custom ini.

“Dulu kita sudah biasa banget lihat tutup pentil berbentuk dadu, bola bilyar, maltese cross, atau tengkorak. Karena digunakan sebagai bagian dari detailing motor, maka bentuk desainnya sangar-sangar dan nakal gitu,” buka buka Agung Amrirulldin atau juga sering dipanggil Agung Castavo yang menekuni usaha di bidang art supply berupa aneka merchandise, termasuk pin stripping dan lettering.


Nah sekarang ini, menurut pria kelahiran Sidoarjo, 26 Agustus 1992 ini, desain dan bentuk tutup pentil custom ini semakin beragam. “Itu karena fungsinya sekarang nggak cuma untuk detailing motor. Tapi juga bisa dijadikan sebagai merchandise. Hampir sama dengan gantungan kunci,” info Agung yang mulai banyak terima orderan tutup pentil custom untuk kebutuhan souvenir, anniversary, atau tematis tertentu.


Jadi jangan kaget kalau lihat tutup pentil yang dibikin Agung ini bisa sangat jauh dari hingar-bingar dunia motor. “Contoh yang sudah saya bikin tutup pentil custom berbentuk buah-buahan, seperti nanas atau buah naga,” senyum Agung.




Sudah membikin tutup pentil custom sejak 2017, pria dengan latar belakang pendidikan S1 Teknik Elektro ini sudah membuat aneka desain selain buah- buahan, juga kepala badut, ice cream, dan beberapa model yang lucu-lucu. “Biar beda aja, dan saya lebih suka bikin tematis makanan,” senyum Agung.

Selain Agung, ada juga Nova Gunawan dari Nova Tigabelas atau NF.13, workshop hand painting yang juga terima pesanan tutup pentil custom. Malah menurut Nova, komunitas sepeda pun mulai melirik pernik ini.

 

“Bisa dibilang ini hikmah pandemi COVID-19 yang turut membuka peluang baru, salah satunya pernak-pernik terkait sepeda,” buka Nova.

Senada dengan desain yang dibuat  Agung, tutup pentil bikinan Nova ini juga beragam. “Ada model sepatu sneakers, pohon kaktus, lambang brand tertentu, kepala binatang, dan lain-lain,” tutur Nova yang terima pesanan minimal untuk 50 pasang tutup pentil.





Meski demikian, menurut Nova, muncul juga ketakutan dari pemilik motor, sepeda, atau mobil yang sudah pasang tutup pentil custom ini. “Rata-rata takut diambil orang di parkiran,” senyum Nova yang kasih saran, sebaiknya dicopot saja kalau mau parkir.


Oh ya, untuk kisaran harga tutup pentil ini ada di rentang Rp 100 – 130 ribu sepasang. (*)