Tips Fotografi Motor Untuk Konten Media Sosialmu

Tips Fotografi Motor Untuk
Konten Media Sosialmu

09 February 2021

 

Foto motor yang ciamik dan instagramable memang wajib ada di galeri hp kita Brads. Soalnya sebagai anak motor yang wajib eksis dan nampang bukan cuma kita, motor kita juga harus Brads. Nah tetapi karena gak semua dari kita mengerti tata cara fotografi, foto yang bagus jadi lebih sulit didapatkan. Jadi Brads gak ada salahnya sebagai anak motor untuk mengerti trik fotografi, apalagi buat motor kita.


Fotografi di jaman sekarang sudah jadi hal yang mudah dan murah dipelajari Brads. Gak perlu kamera profesional macem DSLR atau Mirrorless kok, handphone juga sudah cukup menjadi senjata kita. Yang terpenting itu teknik mengambil gambarnya. Pencahayaan dan komposisi wajib dikuasai dulu, baru deh coba-coba dengan kamera yang lebih high end.


Belum lagi, hasil foto yang telah ada bisa kita olah lebih lanjut, dengan aplikasi edit foto. Jadinya gambar yang sudah bagus bisa makin cantik dan menonjol untuk diunggah di media sosial.

 

Kegiatan mengabadikan momen sehari-hari itu memang sudah jadi kebiasaan yang gak bisa lepas dari kehidupan kita Brads. Walau mungkin Brad bukan salah satu yang aktif di media sosial, pasti sering melihat kan unggahan dari teman-teman lewat di beranda. Entah itu, sedang bekerja, olahraga, atau hanya sekedar menonton film dan serial.


Nah kegiatan-kegiatan mendasar aja banyak diunggah apalagi yang menyangkut dengan hobi. Pasti lebih banyak lagi konten yang di-upload. Gak ada salahnya juga Brads kalau kita ikut berpartisipasi mengunggah kegiatan atau hobi yang kita senangi. Orang-orang jadi bisa tahu dan mempelajari soal hal yang kita suka. Apalagi menyangkut motor, yang jadi soulmate kita.


Buat anak motor konten yang sering jadi bahan posting itu biasanya berkisar di motor dan perlengkapannya terus kegiatan seperti kopdar, sunmori atau night ride. Nah kalau biasanya di momen riding bareng atau kopdar bisa kita manfaatkan juga tuh untuk photoshoot sedikit-sedikit. Soalnya suasana di momen tersebut mendukung banget.


Tapi mungkin banyak juga dari kita yang ragu-ragu atau gak pede untuk posting. Biasanya karena takut hasil foto yang ada itu kurang bagus dan gak enak dilihat. Nah jangan berpikir seperti itu Brads, mending dibaca dulu trik fotografi motor yang harus dikuasai biar dikenal di media sosial.


Tips Foto Motor Agar Hasilnya Keren


Baiknya sebelum memulai photoshoot Brads mengerti dulu trik-trik dasar yang bisa mendongkrak hasil foto nanti. Terus juga jangan lupa direncanakan kapan dan di mana tempat sesi fotonya, biar konsep yang direncanakan masuk. Selebihnya yuk kita simak trik fotografi untuk motor.


1. Highlight Karakter Motor

Tips pertama ini Brads wajib perhatikan lebih jauh soal jenis dan karakter motor yang akan difoto. Biasanya tiap jenis motor itu punya aura dan karakternya tersendiri, nah hal itulah yang bisa Brads tonjolkan sebagai daya tarik utama.


Misalnya seperti gambar di bawah ini, Brads hanya perlu fokus pada salah satu bagian motor yang Brads anggap menarik.



 

2. Pemilihan Background

Selain motor, latar belakang yang ingin ditampilkan juga sama pentingnya Brads untuk menunjukkan jiwa dari motor tersebut. Coba sesuaikan background dengan konsep foto yang ingin kalian ambil. Cara paling sederhana adalah menyesuaikan motor dengan habitatnya.


Jika Brads berada di daerah yang tidak jauh dari wisata alam, Brads dapat menggunakan referensi foto seperti di bawah ini agar motor Brads lebih menarik.

 

 

Sedangkan, jika Brads berada di daerah perkotaan, Brads dapat memilih latar tembok yang monokrom atau hanya memiliki satu warna. Misalnya seperti foto di bawah ini:

 

 


3. Foto saat Riding

Biasanya foto-foto seperti ini diambil ketika lagi riding bareng komunitas, hasilnya memang oke tapi dalam pengambilannya perlu kehati-hatian dan waspada yang ekstra. Namun, Brads tidak perlu menunggu untuk riding bersama komunitas, lho! Brads hanya perlu berkendara secara perlahan dan biarkan fotografer mengambil gambar Brads.

 


4. Perhatikan Komposisi

Tips sederhananya adalah Brads bisa mengaktifkan mode grid pada layar kamera, lalu posisikan titik fokus atau objek di sudut-sudut diagonal dalam grid.

Jika Brads ingin menggunakan aksesoris untuk menambah aksen pada foto, komposisi ini adalah hal yang paling penting. Itulah kenapa Brads harus memerhatikan jarak antar aksesoris dan objek utama foto. Tidak ada patokan pasti untuk besaran jaraknya, biasanya Brads hanya butuh mengukurnya melalui grid.


Jika motor yang akan diambil gambarnya berada di grid tengah paling kanan, maka Brads dapat menambahkan aksesoris pada grid sebelah kanan atas atau kanan bawah.

Nah, jika motor berada di grid tengah, maka Brads dapat meletakkan aksesoris di grid sekelilingnya. Namun jaraknya harus proporsional, ya! Jangan sampai ada yang terlalu jauh atau bahkan terlalu dekat dari objek utamanya.


Nah, berikut contoh penggunaan komposisi golden