Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Cegah Ban Cepat Gundul

Yang Harus Kamu Ketahui
Untuk Cegah Ban Cepat Gundul

01 February 2021

 

Brads ban motor itu jadi piranti yang sangat penting dan vital di kendaraan kita, dan wajib mendapat perhatian lebih. Soalnya kondisi ban menyangkut dengan keselamatan kita. Seiring waktu kondisi ban bisa cepat botak, entah karena umur atau pemakaian yang tidak sesuai. Nah, Brads wajib tahu nih cara cegah ban cepat gundul agar tidak keselamatan tetap terjamin.


Ban yang sudah gundul sebaiknya memang langsung diganti dengan yang baru Brads. Biar kita tetap aman sentosa di jalan, tetapi kalau misalnya ban sudah gundul lebih cepat dari seharusnya itu jadi hal yang gak wajar. Entah karena pemakaian atau perawatan yang salah ban bisa lebih cepat habis. Dampaknya dompet kita pun jadi harus mengeluarkan uang untuk membeli ban yang baru.


Demi mencegah bocornya rekening dari ganti ban mendadak, dan keselamatan yang tetap terjamin. Brads wajib tahu dulu nih penyebab dan cara merawat ban agar gak cepat botak.


Hal yang Bisa Disebabkan Ban Gundul


Cara cegah ban cepat gundul itu sebenarnya gak sulit kok Brads, yang terpenting adalah tahu dulu apa yang menyebabkan ban lebih cepat habis. Biasanya ban yang sudah mulai mengalami kebotakan itu karena usia atau kilometer yang ditempuh sudah mendekati batas. Tetapi segi pemakaian yang salah juga bisa mempercepat usia ban.


1. Tekanan Angin Tak Sesuai

Setiap jenis ban dan sepeda motor pasti memiliki tekanan ban optimal yang harus diikuti oleh kita Brads. Nah tekanan angin tersebut sudah dihitung oleh pabrikan untuk mengakomodir kegiatan berkendara yang dilakukan. Biasanya angka tekanan angin tersebut berkisar 28-35 psi.

Tetapi tekanan angin ban kurang bisa menyebabkan ban lebih cepat gundul. Hal tersebut karena ban yang seharusnya ditopang juga oleh udara di dalamnya, malah tidak mendapatkan tekanan yang cukup. Jadinya, tapak ban akan semakin lebar menginjak dengan permukaan jalan dan bidang yang bergesekan makin luas. Dampaknya adalah ban menjadi lebih cepat gundul.


2. Beban Melebihi Batas

Pabrikan bukan hanya mengeluarkan tekanan angin yang harus kita ikuti, tetapi juga mengatur spesifikasi beban maksimal yang bisa ditopang. Besaran beban ini tergantung oleh jenis, ukuran, dan ketebalan ban Brads. Beban tersebut biasanya berkisar antara 160-300 kilogram, bergantung dengan ban yang dimiliki. Untuk melihat daya angkut maksimal Brads bisa mencari tipe ban yang dipakai di website pabrikan.


Peran beban dalam membuat ban cepat gundul juga sama dengan kurangnya tekanan angin Brads. Ban yang kelebihan beban pasti akan berubah bentuk menjadi lebih rata di permukaan jalan. Hal ini lah yang membuat ban lebih cepat habis.


3. Gaya Berkendara

Buat Brads yang suka memacu motor secara grasak-grusuk lebih baik dikurangi. Soalnya hal ini berdampak pada masa pakai ban. Kalau kalian suka akselerasi spontan serta rem mendadak bisa membuat ban cepat botak. Terlebih di kondisi stop and go perkotaan yang sedang macet.


4. Kondisi Jalan

Kalau ini memang faktor yang gak bisa kita kendalikan, kondisi jalan yang sering Brads temui pasti beragam. Dari mulusnya aspal jalan raya hingga rusaknya jalan kecil. Kondisi jalan yang rusak selain mengancam kaki-kaki juga bisa merusak menyebabkan ban cepat aus.

Sebabnya karena permukaan yang tidak rata serta obstacle seperti kerikil dan batuan yang tajam bisa mengikis ban lebih cepat. Selain itu, ban juga beresiko benjol kalau kita tidak hati-hati melewati jalanan yang rusak.


Tips agar Ban Tidak Cepat Gundul


Nah Brads setelah mengetahui penyebab ban yang cepat gundul, tentu lebih mudah untuk melakukan pencegahan ban agar gak cepat gundul. Cara mencegahnya juga sederhana kok gak repot dan menyita waktu. Yuk simak cara cegah ban cepat gundul.


1. Menjaga Kebersihan Ban

Buat Brads yang rajin mencuci motor seminggu sekali, kalian bisa lebih memperhatikan kondisi dan kebersihan dari permukaan ban. Soalnya sering kali ada kerikil-kerikil kecil yang nyelip di antara kembangan atau alur ban. Lebih baik dibuang karena bisa merusak dalam jangka panjang.


2. Perhatikan Tekanan Angin

Walaupun sepele tekanan angin yang kurang bisa mempercepat penggundulan, Brads bisa jadwalkan mengisi angin ban setiap seminggu sekali. Direkomendasikan mengisinya juga sesuai tekanan yang sudah disarankan. Lalu kalau motor jarang dipakai gak ada salahnya kok punya pressure meter agar tekanan ban bisa tetap dipantau.


3. Perhatikan Muatan yang Dibawa

Untuk hal ini Brads bisa melakukan hitung-hitungan sederhana, Brads bisa mencari angka bobot maksimal dari ban depan dan belakang, lalu dijumlahkan dan kurangi dengan bobot motor. Selisih dari pengurangan tersebut merupakan angka bobot maksimal yang masih bisa ditopang oleh ban.


4. Lebih smooth dalam Berkendara

Khusus hal ini Brads wajib melatih kesabaran dalam berkendara. Jangan langsung putar gas dan rem sembarangan, apalagi kalau sedang macet. Nanti ban cepat gundul, apalagi yang belakang karena berperan sebagai penggerak juga.

 

Sudah tahu kan brads penyebab dan cara cegah ban cepat gundul. Setelah baca ini coba cek kondisi ban milik kalian, kalau memang sudah gundul lebih baik cepat diganti. Biar perjalanan tetap aman di jalan.